Penyebab RAM Ponsel android terlalu penuh

Stafaband - Saat ini, kebanyakan smartphone memiliki kapasitas penyimpanan dan RAM yang besar. Namun, itu tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan memori penuh. Misalnya, smartphone dengan kapasitas RAM 3gb hanya tersisa 1 gb saja, baterai menjadi cepat habis, padahal tidak aplikasi yang sedang berjalan di recent apps. Hal ini tentunya akan menhabmbat performa smartphone kamu.
Stafaband

Dengan banyaknya kejadi seperti yang penulis katakan diatas, kamu mungkin perlu meninjau ulang aplikasi-aplikasi yang terinstal di smartphone kamu. Apakah aplikasi tersebut sangat kamu butuhkan atau tidak.

Stafaband - Untuk memudahkan kamu dalam mencari aplikasi yang tidak terlalu penting untuk kamu gunakan, penulis telah menyiapkan daftar kategorinya dibawah. Mari kita simak.

1. Aplikasi penghemat RAM

Beberapa aplikasi biasanya berjalan di latar belakang walau ponsel dalam keadaan tidak digunakan, sebenarnya ini baik untuk menerima notifikasi lebih cepat. Namun bisa memakan RAM ponsel kamu dan menyita daya tahan baterai ponsel kamu. Saat ini, sudah banyak aplikasi yang “katanya” bisa menghemat RAM dengan cara menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background, namun hal itu bisa menimbulkan masalah baru, aplikasi yang ditutup tersebut akan mengulang proses dari awal lagi dan itu akan memakan RAM dengan konstan. Sebenarnya, android sendiri sudah mengerti mana aplikasi yang harus tetap berjalan dan tidak, dan beberapa produsen smartphone sudah menyediakan tempat untuk memilih aplikasi mana saja yang harus dipertahankan dan yang harus ditutup.

2. Aplikasi pembersih memori

Kategori aplikasi ini sudah banyak yang mengunduh dari google play store. Memang benar, dengan bantuan aplikasi ini, kamu bisa menhapus data cache yang tersimpan di ponsel kamu atau menghapus file yang tidak berguna dari dalam aplikasi tersebut. Namun, untik membersihkan cached, android sendiri sudah menyediak tempat dimana kamu bisa menghapus cached suatu aplikasi di dalam Setting aplikasi. Aplikasi sejenis ini terkadang mengandung iklan yang tidak menguntungkan dan malah bisa membuat boros kuota kamu.

3. Aplikasi anti virus

Sebenarnya, tanpa aplikasi ini kamu bisa terbebas dari virus jika kamu mengunduh aplikasi resmi dari google play store, karena setiap aplikasi yang akan masuk google play store akan diselesi terlebih dahulu, apakah mengandung virus atau tidak. Jadi, tidak perlu kamu menginstal aplikasi sejenis ini di ponsel kamu.

4. Aplikasi hemat baterai

Aplikasi sejenis ini sesungguhnya sama dengan aplikasi-aplikasi seperti penghemat RAM yang ada. Dialam aplikasi ini, terdapat hal-hal yang sangat mengganggu, khususnya iklan yang biasanya berada di lockscreen. Dan sebenarnya aplikasi sejenis hanya tidak bisa benar-benar menghemat baterai, karena ujung-ujungnya kamu hanya akan diberi beberapa saran agar baterai life ponsel kamu bertambah. Memang sangat menguntungkan jika kita malas mencari tahu cara yang harus dilakukan untuk menhemat baterai, namun dengan tambahan aplikasi ni, artinya kamu sudah membuang baterai life ponsel kamu dan memakan RAM ponsel kamu begitu saja.
5. Aplikasi bloatware

Aplikasi bloatware adalah aplikasi yang sudah tersedia secara pre-installed yang diberikan vendor ponsel itu sendiri maupun pihak Google. Aplikasi bloatware biasanya susdah dihapus atau bahkan tidak bisa, solusi untuk menghapus aplikasi bloatware aalah dengan cara root ponsel kamu dengan resiko kehilangan garansi. Namun jika kamu tidak mamu melakukan root ponsel kamu, belilah ponsel yang memperbolehkan uninstal bloatware atau membeli smartphone yang menyediakan sedikit bloatware seperti Huawei, Lenovo, dan Oppo.

Stafaband - Silahkan kamu hapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting diponsel kamu, kategori diatas hanya contoh kategori yang umum digunakan di smartphone android saat ini. Penulis sendiri dulu memang banyak menginstal aplikasi-aplikasi diatas. Namun hasilnya sama dengan tidak menggunakan aplikasi diatas, akhirnya penulis menhapus aplikasi-aplikasi yang tidak berguna bagi penulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baca Ini! Jika Ponsel Anda Memakai Baterai Non Removable

Smartphone 2 Jutaan Rasa Android Naugat 7.0

Tips Agar Lancar Saat Main Game di Android Berjam - jam